Warga Desa Tahunan Baru Pacitan Diserang Tawon Gong, Satu Meninggal Dunia

ndablek.com – Tragedi memilukan terjadi di Desa Tahunan Baru, Kecamatan Tegalombo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, pada Jumat (12/1/2023). Sekitar pukul 17.00 hingga 22.12 WIB malam, warga setempat diserang oleh koloni tawon gong, mengakibatkan kepanikan di kawasan lahan pertanian.

Salah satu warga, Suwarno (52 tahun), meninggal dunia setelah disengat tawon dan dilarikan ke puskesmas. Kejadian ini menyebabkan kepanikan di sekitar area, dan tiga orang lainnya berhasil selamat dari serangan penyengat mematikan tersebut.

Read More

Mujianto, Kepala Desa Tahunan Baru, menjelaskan bahwa Suwarno panik dan berusaha menyelamatkan diri ke sungai besar setelah diserang tawon. Setelah merasa aman, Suwarno hendak pulang namun pingsan di masjid.

Korban meninggal namanya Suwarno usia sekitar 52 tahun. Belum sampai di puskesmas pembantu nyawanya sudah tidak tertolong,” katanya. 

Tim Damkar dikerahkan setelah mendapat laporan darurat, melakukan evakuasi sarang tawon, dan memberikan pertolongan pertama kepada korban. Upaya evakuasi berlangsung hingga pukul 22.12 WIB, dengan pemusnahan sarang tawon untuk mencegah serangan lebih lanjut.

Sugito, anggota Tim Damkar, menyampaikan bahwa koordinasi dengan pihak puskesmas dan instansi terkait telah dilakukan untuk penanganan medis dan pembersihan area. Masyarakat diminta tetap tenang dan berhati-hati di sekitar area terdampak, serta diberikan himbauan untuk langkah pencegahan apabila terjadi serangan tawon.

“Kami bekerja sama dengan pihak puskesmas dan instansi terkait untuk menangani korban yang mengalami sengatan tawon. Selain itu, kami juga melakukan koordinasi dengan tim medis untuk memberikan pertolongan lebih lanjut,” ungkap Sugito.

Kejadian ini menjadi peringatan serius bagi masyarakat untuk selalu waspada terhadap potensi serangan hewan berbisa. Semoga tragedi serupa tidak terulang di masa mendatang.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *