Kepala BPBD Pacitan Membantah Ramalan Gempa Bumi Megatrust

ndablek.com – Keresahan masyarakat Pacitan terkait ramalan gempa bumi megatrust yang santer beredar di media sosial mendapat tanggapan tegas dari Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan, Erwin Andriatmoko. Erwin menegaskan bahwa ramalan tersebut adalah hoaks dan mengajak masyarakat untuk lebih teliti dalam menyikapi informasi seputar ancaman bencana.

“Kita harus cek dan ricek informasi sebelum menyimpulkan, terutama terkait ancaman gempa bumi. Percayakan informasi pada lembaga resmi seperti BPBD atau BMKG,” ungkap Erwin.

Read More

Menanggapi ramalan tersebut, BMKG telah merilis surat edaran yang menjelaskan bahwa Indonesia memang memiliki potensi gempa bumi yang dapat terjadi kapan saja, namun belum ada teknologi yang bisa memprediksi gempa dengan akurat dalam hal waktu, tempat, dan magnitudonya. Berdasarkan kajian para ahli, zona megatrust selatan Jawa memiliki potensi gempa dengan magnitudo maksimal 8.8.

Erwin menekankan agar masyarakat tidak panik dan tidak menyebarkan informasi hoax terkait ramalan gempa bumi. BPBD Pacitan siap melaporkan kepada pihak berwajib jika ada yang menyebarkan informasi palsu yang dapat membuat kegaduhan masyarakat.

Dengan demikian, Erwin berharap agar masyarakat Pacitan dapat lebih bijak dalam menyikapi informasi dan menghindari penyebaran informasi palsu yang dapat menimbulkan kepanikan.

Related posts